Peringkat Website Universitas Siliwangi Versi Webometrics

Webometrics merupakan situs ini merupakan situs terkemuka dunia yang melakukan pemeringkatan terhadap kurang lebih 20.000 universitas di dunia berdasarkan dari akses informasi di dunia maya (website). 
  
Institusi ini melakukan pemeringkatan website universitas-universitas tersebut berdasarkan  empat kriteria utama yakni : visibility (50%), yakni seberapa banyak situs/page lain yang mempunyai link ke website PT tersebut. Size (20%): seberapa banyak subdomain atau page yang berada di bawah domain website PT tersebut. Rich File (15%): seberapa banyak file multimedia yang ada di dalam website PT tersebut, diantaranya dalam format: .pdf, .ps, .ppt, .doc. Scholar (15%): seberapa banyak dokumen ilmiah yang ada pada website tersebut yang dapat diakses melalui Google Scholar. 

Lembaga tersebut mengupdate hasil pemeringkatan setahun 2 kali, yakni edisi Januari dan Juli. Setiap update memungkinkan setiap universitas bergeser peringkatnya. Untuk melihat secara umum website lembaga tersebut silahkan klik di sini. Walaupun pemeringkatan ini tidaklah ditujukan untuk menjamin kualitas sebuah universitas di dunia, namun secara ilmiah berdasarkan standarisasi tekhnologi informasi yang sangat ketat, dapat dipertanggungjawabkan jika diperuntukkan untuk menilai tingkat popularitas website universitas, yang juga dapat secara efektif mampu dijadikan media untuk mensosialisasikan banyak hal tentang universitas yang bersangkutan. Bahkan hampir semua universitas terkemukan di Indonesia selalu memuat hasil rilis lembaga tersebut di websitenya.

Berdasarkan pemeringkatan tersebut (Edisi Januari 2013), Universitas Siliwangi dari segi web nya masuk peringkat 145 di Indonesia, satu peringkat di bawah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan satu peringkat di atas Swiss German University. Ditingkat Asia peringkat 1771 dan peringkat 9141 di tingkat dunia. Pencapaian ini merupakan pencapaian yang cukup  menggembirakan karena di bawah peringkat Universitas Siliwangi masih terdapat ribuan universitas sekaligus penyemangat untuk menjadikan web site kita masuk 50 besar universitas di Indonesia ke depannya. Untuk lebih jelasnya hasil pemeringkatan tersebut lihat di sini. Untuk melihat peringkat universitas di Indonesia lihat di sini, untuk tingkat Asia lihat di sini, sedangkn tingkat dunia lihat di sini !.

Akhirnya semoga kita lebih baik lagi ke depannya dalam berbagai hal. Pemeringkatan tersebut, memang tidak menjamin dan tidak cukup representasi untuk melihat kualitas. Namun paling tidak menjadi penyemangat kita untuk lebih baik lagi. (sa)

Sumber : Website FISIP Universitas Siliwangi

2 komentar: