Wisata Agro dan Nuansa Pegunungan di Tasikmalaya

Oleh : Subhan Agung

Selamat datang kembali di Pasir Gadog, semoga pembaca semua sehat walafiat. Dalam tulisan singkat ini saya akan mengulas tentang tujuan wisata agro dan wisata pegunungan, sebagai wisata alternatif di pedalaman Tasikmalaya.

Disebut alternatif karena tempat-tempat ini sebagian besar belum "tersentuh" oleh pemerintah dan tidak secara khusus dirawat sebagai tempat objek wisata. Namun, sebenarnya sangat indah untuk anda datangi dalam menghabiskan waktu luang anda dan keluarga.

Botram di Kaki Galunggung
Jika anda bingung pergi berwisata ketika waktu senggang atau akhir pekan, cobalah anda pergi ke Kaki Gunung Galunggung. Sesuai namanya tempat ini terletak persis di bawah Galunggung, sekitar 19 Km dari pusat Kota Tasikmalaya ke arah Barat. Walaupun tempat-tempat tersebut tidak secara khusus dikelola pemerintah seperti Objek Wisata Cipanas Galunggung yang sudah cukup dikenal di Tasikmalaya, namun sebenarnya masih banyak tempat yang menarik dan indah untuk dikunjungi. Bahkan menurut saya keindahannya tidak kalah oleh objek wisata yang selama ini telah dikenal. Anda misalnya dapat membawa makanan dari rumah, kemudian dimakan bersama-sama keluarga di sekitar Kaki Galunggung. Orang Sunda biasa menyebutnya botram). Nuansa padi yang menghijau dan sebagian sudah menguning, semakin menambah nyaman suasana perkampungan. 

Ada beberapa kampung di kawasan Kaki Galunggung yang nyaman sebagai wisata agro, untuk sekedar menikmati  nyamannya suasana pegunungan, yaitu, Kampung Cihaseum yang terletak di Desa Linggarjati, Sukaratu. Atau alternatif lainnya anda bisa ke Desa Sinagar dengan nuansa perkampungan di Kaki Galunggung, di sana anda dapat melihat lahan-lahan pertanian yang menghijau dan juga kolam-kolam yang berukuran sangat besar menyerupai danau (situ). Anda dapat melakukan kegiatan memancing dengan harga yang bersahabat, kemudian bakar ikan di tempat. Hal tersebut dapat menjadi sensasi tersendiri yang menakjubkan. 

Untuk menjangkau kampung-kampung tersebut, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui Singaparna, kemudian masuk ke Jalan Baru Cisinga (Ciawi-Singaparna) sampai Sukaratu, terus melalui jalan ke arah Desa Sinagar, Cihaseum atau Ciakar. Tempat-tempat tersebut dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. Jika menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan angkutan pedesaan dari Singaparna-Cipanas Galunggung berhenti di Kubang Eceng, Padakembang. Untuk mencapai kampung-kampung tersebut dibutuhkan kendaraan ojeg yang sudah banyak tersedia di perempatan Ciponyo. Jika dari arah Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya, dapat naik angkutan pedesaan Indihiang-Cipanas Galunggung. Jika sudah sampai perempatan Ciponyo dapat menggunakan ojeg yang tersedia di sana.

Wisata Agro di Kebun Teh Taraju

Kebun Teh Taraju dapat menjadi sensasi tersendiri bagi anda yang 'merindukan' wisata agro. Kebun Teh yang berlokasi di Kecamatan Taraju, dengan jarak sekitar 45 Km dari Kota Tasikmalaya ke arah Selatan, dengan jalan beraspal berkelok-kelok untuk mencapainya. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Indihiang jurusan Tasik-Taraju. Jika menggunakan kendaraan pribadi lebih memudahkan, karena sudah terdapat petunjuk arah ke arah Taraju. Perkebunan Teh terhampar maha luas, "menyejukkan" pikiran. Di tempat ini juga anda dapat minum teh asli di warung makan yang banyak terdapat di lokasi tersebut. 

Di tempat tersebut anda juga bersama keluarga dapat membawa nasi timbel dari rumah, untuk dimakan bersama-sama keluarga. Sungguh kenikmatan yang tiada tara, apalagi ditambah dengan menu Sambal Goang Pedas (sambal khas Sunda yang hanya berbahan utama cabe cengek (ukuran kecil), kencur, garam secukupnya, penyedap dan minyak goreng bekas yang masih segar (jalantah).

Anda juga dapat melihat secara langsung proses pengolahan Teh di PT. Sinar Inesco. Dari mulai awal sampai teh siap untuk diseduh. Pengalaman luar biasa tentunya. Kita juga dapat langsung mencoba menikmati teh asli tanpa campuran pengawet. 

Selain itu juga anda dapat berfoto-foto di tengah-tengah "lautan teh". Lebih asik lagi bersama keluarga. Silahkan anda buktikan langsung untuk mendapatkan kenyamanannya.

Sensasi Air Terjun Pegunungan
Alternatif lainnya anda juga dapat berwisata di Kampung Ciakar (kampung halaman penulis) terletak 7 Km sebelah utara dari Kampung Sinagar Kabupaten Tasikmalaya. Di sana anda bahkan dapat menikmati sensasi air terjun Curug Badak yang terletak persis di bawah Kaki Galunggung, letaknya sebelah Barat Kampung Ciakar, Desa Sukaratu, Tasikmalaya. Disebut Curug Badak, dikarenakan di tempat tersebut terdapat banyak batu-batuan berukuran raksasa yang menyerupai Badak. Di hari-hari libur, tempat tersebut cukup ramai dikunjungi. Atau kalau anda cukup waktu bisa berkunjung ke pemandian air terjun Gado Bangkong di Desa Pasir Kadu, Cisayong, sekitar 2 Km ke arah utara Curug Badak. 

Tempat tersebut merupakan tempat kelahiran Pejuang Lingkungan dan peraih penghargaan Kalpataru di masa Soeharto, yakni Ibu Eroh. Pengujung dapat melihat selokan kuno yang dahulu dibuat sendiri oleh Ibu Eroh. Selokan tersebut saat ini menjadi selokan utama yang menjadi saluran irigasi penduduk Pasir Kadu, Cisayong, Tasikmalaya. Silakan anda buktikan sendiri bahwa tempat-tempat tersebut tidak kalah oleh objek wisata yang selama ini dikelola dan dikembangkan pemerintah. 

Untuk menjangkau Pasir Kadu, pengunjung lebih baiknya menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah Terminal Indihiang Kota Tasikmalaya ke arah Pertigaan Pagendingan, terus ambil ke arah Kecamatan Cisayong, terus lurus ke arah Desa Santana Mekar, kemudian langsung menuju ke arah Pasir Kadu dan di tempat tersebut telah disediakan parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang cukup luas. Dari tempat parkir masih harus jalan kurang lebih 1 Km ke arah Barat dengan jalan menanjak, sebelum akhirnya pengunjung tiba di lokasi air terjun Gado Bangkong.

Bagi anda yang kebetulan datang dari luar kota dan tidak cukup waktu untuk "menjajal" sensasi-sensasi tempat-tempat menarik di atas, dapat bermalam sementara di Kota Tasikmalaya, sembari menikmati sejuknya "Kota Santri" yang terkenal ini. Penginapan-penginapan tersebut banyak terdapat di sekitar jalan Yudanegara, SL. Tobing, Jalan Siliwangi, Jalan RE. Martadinata dan lainnya. 

Selamat berakhir pekan, selamat berjalan-jalan, semoga kebahagiaan selalu kita rasakan, dan terutama diridhai Allah.. Amin.

    Gambar 1 sampai 4 dari atas milik ; Dokumentasi Pribadi Subhan Agung
    Gambar 5 dan 6 dari atas milik : Tasikmap

    56 komentar:

    1. Masih hijau ya gan tempatnya http://azhrpratama.blogspot.com/

      ReplyDelete
    2. Tempat yang menarik, adminnya juga ganteng..heheheh..

      ReplyDelete
    3. Tempat yang menarik untuk botram.. blog simple and informatif

      ReplyDelete
    4. Terima kasih atas kunjungannya gan..

      ReplyDelete
    5. info menarik nih, harus banyak disosialsikan, krn tasik lumayan dekat dengan Jakarta, pasti jika dicreate dgn baik potensi wisata agro ini bisa menjanjikan secara ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

      ReplyDelete
    6. wuss sama kyk daerah ku tuh masih hijau, nice info min

      ReplyDelete
    7. @Nuriel, terima kasih telah berkunjung sis..

      ReplyDelete
    8. Tempat keren.. Banyak tempat yang tersembunyi,namun menyimpan keindahan yang luar biasa.. Berkunjung aja...hehheheh...

      ReplyDelete
    9. Whuaduh... pengen euy jalan2 kaditu....

      ReplyDelete
    10. @Terima kasih teman-teman yang telah berkunjung. @Sang Sinatrya, ayo gan ditunggu, kebetulan rumah saya deket dengan obje wisata kaki Galunggung..

      ReplyDelete
    11. keren gan tempatnya. Estimasi biayanya berapaan ya kalau mau liburan kesana

      ReplyDelete
    12. @ Terima kasih mas recky atas kunjungannya.. Sangat hemat gan biayanya yang jelas...

      ReplyDelete
    13. memang tasikmalaya keren banget , ane pernah ksana tapi waktu masih kecil
      nicepost sob

      ReplyDelete
    14. Ayo kerkunjung ke Kaki Galunggung.. Berakhir pekan dan botram bersama keluarga

      ReplyDelete
    15. mantab kang,
      apalagi kalo foto kulinernya bisa diupload, terutama foto sambalnya, pasti tambah maknyus

      ReplyDelete
    16. @ Khomsun, hehehe, terima kasih mas. Lain kali saya apload photo-photonya..

      ReplyDelete
    17. Misi Gan, saya bertamu bukan bermaksut untuk Spam :) oia kalau ada yang Mau nonton video atau download lagu, bisa juga lewat hp untuk hp,.. atau susah download youtube?.. bisa juga download youtube melalui www.ascmusik.com ;)

      ReplyDelete
    18. sangat menarik Pa tulisannya, dan info yang disajikan sangat lengkap, kapan-kapan saya akan berkunjung ke kaki galunggung untuk botram sama keluarga. .

      ReplyDelete
    19. Makasih teman-teman.. Monggo ditunggu botramnya..

      ReplyDelete
    20. sangat menarik artikel membuat saya betah berlama-lama disini slam kenal ya sob
      lampung-berbagi.blogspot.com

      ReplyDelete
    21. Nice inpo masz bro... Kurang lengkap euy.. kasih inpo Taripnya.. biaya yng dihabiskan Misal klo kita pake kendaraan umum ato yang bawa kndraan pribadi...hehe.. BTW artikel dan info yang menarik sekali...

      ReplyDelete
    22. Artikelnya bagus Om..Dikasih estimasi biaya yang dikeluarkan Om biar lebih lengkap lagi..

      ReplyDelete
    23. Ayo botram ke Kaki Galunggung.. @Kngkin, ok terima kasih gan usulannya untuk perbaikan artikel.

      ReplyDelete
    24. mantab masbero...kalo bisa biaya-biaya yang dikenakan, maklum kami biasa Backpacker dan mungkin tempat wisata tasik kayak pantai cimanuk, karang tawulan terus wisata kulinernya masukin...hehehehe banyak kali permintaan saya :)

      ReplyDelete
    25. Oh bukan main, indah sekali :).

      Bertepatan dengan musim liburan seperti ini, tempat-tempat semacam ini sangat baik untuk direkomendasikan.

      Layak menjadi tempat liburan, tempat cari inspirasi dan tempat foto-foto.

      ReplyDelete
    26. Terima kasih gan, mudah-mudahan menambah referensi tempat wisata. Mengenai biaya, dapat ditekan sehemat mungkin. Apalagi bagi backpacker bisa ngirit gan.. Jauh lebih hemat dibanding wisata lainnya. Karena masuk ke tempat-tempat tersebut tanpa biasa. paling anda estimasikan saja biasa transportasinya.. kalau pake kendaraan pribadi lebih irit..

      ReplyDelete
    27. SANGAT MENARIK....SEMOGA AGRO WISATA INI BISA MEMBERIKAN MULTIPLAYER EFFECT BAGI WARGA TASIKMALAYA...SEHINGGA AKAN BERDAMPAK PADA PAD DAN PEREKONOMIAN TASIKMALAYA....LANJUUUT
      PROMOSINYA AGRO WISATA DI TASIKMALAYA

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sory posting atas nama Moh.Ali Andrias

        Delete
      2. Iya pak terima kasih kunjungannya..

        Delete
    28. pak mohon maaf kalo tempat penginapan yang bernuansa akam ada gak?trus budget ongkos perjalanan untuk kesana kalo dari subang berapa kira sampai lokasi

      ReplyDelete
    29. wih..... mantap gan tempat wisatanya
      nuansa alam terbuka yang sejuk dan indah

      ReplyDelete
    30. jadi mau ke tasikmalaya, wisata agro yg belum pernah kukunjungi jika ke Tanah Jawa

      ReplyDelete
    31. Hayu kang Hanhan.. Diantos bade iraha, heheh

      ReplyDelete
    32. Saya pernah ntu ke tasik.
      emang enak ntu, apalagi baksonya.
      Dulu ane beli bakso.
      Yang dikasi bener - benr bakso 2 gede - gede.
      Semoga menang gan ikut kontesnya

      ReplyDelete
    33. dulu saya pernah lewat sini waktu kebandung.
      gak nyangka banyak wisatanya juga, kapan-kapan harus mampir nih

      ReplyDelete
    34. Ayo semua maen ke wisata agro di Tasikmalaya. Apalagi saat ini sedang musimnya liburan menyambut Ramadhan.. Salam

      ReplyDelete
    35. widdiiiw yuu atuh cuang botram bareng sesama blogger.. hhe..
      salam kenal dari blogger ciamis.. ;)

      ReplyDelete
    36. Klau tempat kyk gini banyak pasti akan lebih menyejukkan bikin damai heheh
      visit me http://insight-zone.blogspot.com/

      ReplyDelete
    37. mantap.. boleh juga kalau libur panjang kesanaa. :D

      ReplyDelete
    38. wah pemandangan kebun teh..asik banget

      ReplyDelete
    39. Terima kasih atas kunjungannya.. Semoga infonya membantu..

      ReplyDelete
    40. dlu sy prnh mampir ke gado bangkong,tp ga tau ada tmpt bgs ky gt.

      ReplyDelete
    41. Lanjut tanggapan dan diskusinya..

      ReplyDelete