Prof. Pratikno, Rektor Baru UGM

Dalam rilisnya pertanggal 28 Mei 2012 Situs Resmi Universitas Gadjah Mada (UGM) memberitakan bahwa Prof. DR. Pratikno, M.Soc, Sc telah resmi menjadi Rektor UGM setelah beberapa saat sebelumnya dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Prof. DR. Sofian Effendi untuk masa bakti 2012-2017 menggantikan rektor sebelumnya Prof. Sudjarwadi, M.Eng, Ph.D. Pelantikan beliau tepatnya dilangsungkan pada Hari Senin, 28 Mei 2012 pukul 10.00 di Balai Senat UGM, Bulaksumur, Yogyakarta.

Dalam sumber yang sama, disebutkan bahwa dalam sambutan yang disampaikan Prof. Sofian sebagai ketua MWA, mengharapkan rektor baru membawa UGM ke arah yang lebih maju lagi dari saat ini dengan meningkatkan penelitian unggulan dan publikasi ilmiah level internasional. Tentunya sebagai salah satu pengajar senior UGM, Prof. Pratikn tentunya memiliki komitmen yang besar tentang semua hal tersebut. Lewat pengalamannya sebagai Dekan FISIPOL UGM yang berhasil, sebagian besar civitas UGM meyakininya beliau mampu meningkatkan prestasi UGM di semua hal, termasuk mempertahankan citra kampus kerakyatan yang berwawasan internasional.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, beliau terpilih sebagai Rektor UGM setelah menyisihkan 2 calon lainnya yakni  Prof. Marsudi Triatmojo, LLM, dan Prof. Danang Parikesit dalam sidang di Majelis Wali Amanat, 22 Mei 2012. Ketika terpilih beliau masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL UGM). Jabatan dekan saat ini digantikan oleh DR. Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si yang melanjutkan sisa amanah Prof Pratikno sampai 9 Oktober 2012.

Secara pribadi saya mengenal Prof. Pratikno sebagai dosen pengampu perkuliahan Kajian Politik Indonesia saat itu bersama Mas Cornelis ‘Cony’ Lay, MA. Banyak inspirasi dan ilmu baru yang saya dapatkan dari Prof Pratikno, terutama tentang model-kajian Politik Indonesia yang dapat dikembangkan saat ini. Kita seharusnya ‘malu’ karena literatur tentang politik Indonesia sangat jarang di tulis oleh orang Indonesia. Literatur pokok yang fenomenal justru datang dari Indonesianis-Indonesianis. Oleh karena itu, kita perlu mengedepankan riset hebat dalam politik Indonesia. Semangat ini salah satunya saya dapatkan dari beliau.
Akhirnya  sebagai civitas, saya mengucapkan selamat kepada Prof Pratikno sebagai Rektor UGM masa bakti 2012-2017 dan Ibu DR. Hermin Indah Wahyuni semoga  amanah dan mampu membawa UGM lebih hebat lagi dan memberikan banyak manfaat bagi bangsa dan negara. Amin.

Ditulis Oleh : Subhan Agung
Sumber Gambar : Situs Resmi UGM

1 komentar:

  1. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete