Galunggung di Balik Kabut Tebal

Oleh : Subhan Agung

Sebagaimana diberitakan berbagai media, bahwa Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan gejala dan aktivitas vulkanik terutama di sekitar danau kawahnya. Aktivitas tersebut semisal ternyadinya gempa vulkanik dalam dan tektonik serta perubahan warna air di danau kawah dengan mengeluarkan bualan-bualan, bahkan terakhir diberitakan suhu air danau meningkat tajam mencapai 40 derajat Celcius. Pasca ditetapkannya status Gunung Galunggung menjadi Waspada (level II) tanggal tanggal 12 Februari 2012 pukul 15.30 WIB oleh Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, kondisi gunung ini terlihat dari pandangan sekitar selalu tertutup kabut tebal. 

Kondisi visual tersebut berbeda dari biasanya, ketika cuaca cerah Galunggung selalu terlihat jelas dari pandangan. Selain itu di malam hari juga selalu terjadi kilatan-kilatan (kingkilaban), walaupun cuaca di sekitar Galunggung terlihat cerah. Sampai saat ini (Rabu, 15 Februari 2012) belum ada gejala berarti yang dinilai membahayakan, selain gejala yang tersebut di atas. Namun kondisi ini sempat membuat panik masyarakat sekitar (Kecamatan Sukaratu, apalagi tempat tinggal saya yang persis di kaki Galunggung). Dengan kesigapan para tokoh masyarakat dan jalinan informasi yang up to date dengan pusat pemantauan Gunung Galunggung di Kecamatan Padakembang, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat sekitar.

Sebagai informasi Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung api strato dengan ketinggian mencapai 2 km lebih dpl. Gunung ini pernah meletus empat kali dalam sejarah. Letusan terakhir berlangsung selama 9 bulan sepanjang tahun 1982-1983. Secara geografis gunung ini terdapat di perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya, letaknya di Kampung Cipanas, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu. Semoga tidak akan terjadi apa-apa yang membahayakan keselamatan masyarakat sekitar. Amin ya Rabbal Alamin.

Photo-Photo Galunggung sedang Tertutup Kabut Tebal 







Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi Subhan Agung, diambil menggunakan kamera HP, resolusi 3,25 MP. Jepretan diambil di kawasan dataran tinggi Cimala, Indrajaya, 5 km dari Kawah Galunggung

6 komentar:

  1. Semoga Galunggung aman-aman saja pak..Tidak ada bencana yang membahayakan masyarakat sekitar..Amin

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas sis atas komment dan kunjungannya

    ReplyDelete
  3. semoga galunggung tidak apa ya mas, Amiin Allahumma amiin

    ReplyDelete
  4. tak apa Galunggung bergejolak karena itu memang peristiwa alam, yg penting warga sekitar tetap waspada. . .

    ReplyDelete
  5. aktifitas Galunggung tak bisa dicegah manusia, tp kita bisa waspada agar tidak jatuh korban...

    ReplyDelete
  6. Galunggung semoga aman-aman saja..

    ReplyDelete