Tulisan Saya dalam JIPP FISIP Vol.1, No. 2, Januari 2013 ISSN. 2301-8453

Alhamdulillah telah terbit Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan (JIPP) FISIP Universitas Siliwangi Edisi Januari 2013, dengan tetap menyajikan pemikiran yang beragam dari hasil telaah dan penelitian terbaru. Jurnal edisi kali ini terbagi dalam beberapa pokok bahasan yang menarik.

Refleksi dan evaluasi pemilihan kepala daerah dan model kepemimpinan menjadi tulisan pembuka edisi jurnal kali ini. Iman Adi Sulaiman mengupas betapa problematika dalam Pilkada mulai dari proses pencalonan, kampanye, pemilihan, sampai menjabat kepala daerah, semakin merunyakkan munculnya kasus korupsi di negeri ini. Model kepemimpinan di daerah cenderung mengarah kepada model transaksional dan politik kekerabatan. Mohtar Habodin dalam tulisan selanjutnya mencoba menghadirkan jejak langkah politik kekerabatan yang terjadi pada proses pencalonan anggota legislatif dalam Pemilu 2009. Hasilnya sangat mengejutkan bahwa proses politik kekerabatan menyebar hampir ke semua partai politik di Indonesia.

Tulisan selanjutnya mengkaji tentang dinamika proses Pemilukada di Tasikmalaya yang melahirkan hal yang dianggap kontraproduktif dan berangsung sampai saat ini. Tulisan Subhan Agung dan Fitriyani Yuliawati menguak proses sengketa aset pasca pemekaran tersebut, mencari penyebab dan tawaran resolusinya.

Akhmad Satori dkk, mengkaji tentang bagaimana budaya masyarakat Kampung Naga yang mempunyai ikatan tradisional yang kuat dan mengakar dalam kehidupan sosial-kemasyarakatan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa budaya politik mereka lebih menyerupai budaya politik yang oleh Almound disebut parokhial. Kekuasaan adat terlihat lebih dominan di samping kekuasaan formal negara.

Tulisan selanjutnya lebih mengangkat tentang politik Islam. Ada yang mengangkat tentang pemikiran tokoh seperti tersaji dalam tulisannya Ahmad Sabiq. Selanjutnya Waluyo Handoko yang mengangkat model pengembangan masyarakat melalui pengembangan kelembagaan dan koperasi. Akhirnya selamat membaca, bagi anda yang berminat dapat menghubungi sekretariat Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. (sa)

1 komentar:

  1. wow politik article!
    ck ck ck
    good luck, success bos :d

    ReplyDelete