"Selamat Jalan" Cendekiawan Muslim, Ahmad Sumargono..

Mega.subhanagung.net. Cendekiawan muslim yang juga aktivis Islam DR. Ahmad Sumargono Jum’at, 24 Februari 2012 pukul 01.30 WIB  dini hari meninggal dunia.  Beliau meninggal dunia setelah terkena serangan jantung dan sempat dirawat di Rumah Sakit Sekarwangi, Sukabumi, Jawa Barat. 
 
Seperti diberitakan Metrotvnews.com bahwa  begitu tiba di kediaman, Bang Gogon–panggilan akrab beliau– istirahat sejenak. Merasa sesak, ia meminta sopir mengantarkan ke Rumah Sakit  Sekarwangi. Sepanjang perjalanan ia sempat muntah-muntah. Tiba di rumah sakit, ia dimasukan di UGD dan diberi bantuan pernafasan. Namun, pukul 01.30 WIB, nyawanya tak tertolong.

Jenazah almarhum dimakamkan Hari Jum’at kemarin, 24 Februari 2012 di Pemakaman Umum, Jalan Haji Baping, Susukan, Jakarta Timur. Jenazah diiringi kerabat, sahabat, teman perjuangan, simpatisan dan pejabat negara.

Bapak Ahmad Sumargono dikenal selama ini lewat sepak terjang dakwahnya. Lewat organ Komite Solidaritas untuk Dunia Islam (KISDI), beliau membela umat Islam di berbagai belahan dunia yang mengalami penderitaan akibat hegemoni Barat. Di antaranya kasus Palestina, Kashmir, Moro, Patani, Afghanistan, Bosnia, Kosovo, Chechnya, Aljazair, Turki dan Iraq, seperti dilansir Hidayatullah.com.

Seperti yang ditulis HMINEWS.COM, Ahmad Sumargono yang dikenal dengan sebutan “Gogon” tersebut, merupakan aktivis sejak masa mudanya. Ketika beliau masih pelajar aktif di gerakan dakwah. Kemudian saat menjadi mahasiswa, ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), mulai dari HMI Rayon PTG (Petojo, Tomang dan Grogol) hingga ke tingkat pengurus besar periode Ketua Umum Sulastomo. Saat itu, tahun 60-an, ia kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Bagi anda yang tertarik dengan pemikiran dan info yang lebih dalam tentang beliau, silahkan dapat mengakses situsnya di www.ahmadsumargono.net.

Di masa Orde Baru, beliau juga sangat aktif mengkrtisi pemerintahan, bahkan beliau pernah di tahan selama enam bulan tanpa pengadilan. Kiprah beliau dalam politik juga pernah mengantarkannya ke kursi DPR pusat 2004-2009 dari Partai Bulan Bintang. Jabatan lainnya pasca menjadi wakil rakyat adalah Anggota Majelis Pertimbangan PPP. Semoga Amal ibadah beliau di terima di sisi-Nya. Begitu juga segala kesalahan dan kekhilafannya di ampuni oleh Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘Alamin. (Subhan)

Sumber Gambar :
http://static.arrahmah.net/images/stories/2012/02/ahmad-sumargono.jpg

3 komentar: